Minggu, 21 Agustus 2016

Palu, Kota indah sejuta kenangan

Kota Palu dari Ketinggian
Menikmati lezatnya kaledo atau mencicipi gurih bandeng bakar segar merupan salah satu dari yang tidak saya lewatkan di kota ini. Yah tempat yang indah, begitu melihat pertama kali dari jendela pesawat , aku langsung terpesona melihat kota ini yang terletak di pinggiran sebuah teluk dan dikelilingi deretan pegunungan indah. Bisa di gambarkan bahwa palu bagai sebuah mangkuk bundar yang pecah pada sisi pinggirnya.
Kaledo
Mesjid Agung Darussalam, Palu



Petualanganku di pulau Sulawesi kini dimulai, let's Go !
 Tempat yang pertama kusambangi adalah kuliner kaledo yang berada di   Jl. Diponegoro, kaledo adalah sop tulang dengan sum sum yang bisa di sedot langsung di dalamnya. setelah kenyang dan kebetulan hari itu adalah hari jum'at, sebai muslim saya langsung meluncur ke mesjid Agung Darussalm Palu untuk menunaikan shalat jumat disana. sejenak saya memperhatikan kemegahan mesjid yang terbesar di Palu ini.dan rasanya ingin berlama-lama disana.
keesokan harinya saya mengunjungi cagar budaya Banua Oge atau rumah raja yang berada di kelurahan lere , Palu Barat dan seakan hanyut kembali akan memori masa penjajahan silam dengn melihat lihat foto foto di pajang disana.

Malam harinya saya bersama seorang teman baru duduk bersantai menikmati malam di tepian teluk Palu yang begitu ramai, angin laut sepoi-sepoi yang terasa membuatku tidak ingin beranjak dari sana namun  kembali perutku merasakan lapar , oke kali ini kuliner
 yang kami temukan adalah soto maros yang sanagt kaya bumbu
 rempahnya membuat perut terisi kenyang dan kembali beristrahat untuk melanjutkan perjalanan esok hari dengan menyusuri pinggiran pantai barat kata Palu hingga ke Donggala bagia utara.

Keesoka harinya kami mengendarai sebuah motor sport berangkat menuju utara  dan sepanjang jalan tak henti hentinya saya dimanjakan dengan pemanadangan laut yang begitu indahnya, hingga kembali ke kota Palu pada malam harinya dengan membawa kenangan luar biasa yang masih jelas di ingatanku, saya juga singgah untuk mencicipi kelezatan bandeng bakar dengan bumbu kacang mebuat perut terasa puas kembali.

Rumah Raja
Bandeng Bakar Bumbu Kacang


Pantai Barat yang terdapat banyak terumbu karang, Donggala

Tidak ada komentar:
Write komentar