Sabtu, 20 Agustus 2016

Bagaimana agar pertemanan lama dan berkesan

Kata banyak orang, pertemanan dan persahabatan memiliki arti sama namun berbeda maknanya. jika kita bertanya kepada orang-orang, umumnya mereka menjawab teman itu banyak tapi sahabat itu bisa dihitung jumlahnya.
dimana sahabat itu adalah yang selalu ada saat suka maupun duka dan memiliki rasa empati yang sangat tinggi. berbeda dengan teman yang sangat mudah dijumpai dan dicari.
Yah tapi sebaian org juga ada yang beranggapan miris bahwa teman itu hanya ada jika  berkepentingan semata. dan sahabat itu selalu ada walaupun tidak ada kepentingan sesuatu tapi meraka selalu ada dan menjaga silaturahmi serta menghibur kita di kala gunda-gulana.
Banyak teman hidup terasa mudah dan banyak musuh hidup terasa sempit dan susah 
Bahkan di kalangan kaula muda populer kata "Lebih baik kehilangan satu pacar dari pada kehilangan satu sahabat". bukan berarti tidak harus serius dalam menjalin hubungan, tapi sahabat lebih memiliki ikatan lebih tinggi dari seorang pacar yang tidak mengenal kata putus atau perceraian.

Kita pasti memiliki banyak teman bukan ? atau bahkan banyak sahabat, itu lebih baik. coba kita ingat kembali betapa banyak orang yang pernah kita jumpai dalam hidup ini. mulai dari teman kita sewaktu masih kecil, teman tk, sekolah dasar, teman bermain di sekitar rumah, teman smp, teman sma, teman bermain musik, olahraga bahkan teman bekerja hingga sampai saat ini yang tidak terhitung jumlahnya.
Tapi sangat disayangkan pastinya banyak dari mereka yang hanya singgah sebentar saja, dalam artian kenal namun hanya sebentar ataupun juga ada yang telah tiada (wafat).
Bagaimanapun mereka adalah orang-orang yang pernah ada di hidup kita dan yang telah hadir mengukir sejarah tersendiri dalam cerita perjalan hidup ini.
Begitu haru terasa jika kita bertemu lagi seseorang yang telah bertahun-tahun lamanya menghilang dari hidup kita. dan mengulas kembali cerita-cerita masa lalu begitu indah jika berbicara langsung dengan orang aslinya.

Nah, Bagaimana agar hubungan pertemanan kita agar bertahan lama dan begitu berkesan ?
ya saya akan mengulasnya di sini.
  • Pertama, dengan kemajuan teknologi pastinya kita udah mengenal berbagai macam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, bbm dll. mamfaatkan dengan maksimal
  1. Buat daftar di catatan pribadi kita mulai dari teman kecil, teman sekolah, teman kuliah atau kerja, atau teman apapun yang terpenting kita sudah mengenalnya.
  2. Ingat atau catat tanggal ulang tahun mereka atau hubungan dengan kalender digital di akun sosmed sebagai pengingat.
  3. Sempatkan menanggapi segala aktifitas mereka di sosmed agar kita tidak terlihat sombong dan menghilang. (biasanya jika mereka memiliki momen indah dalam waktu dekat, pasti mereka tidak lupa mengundang kita. atau urusan baik yang lainnya.
  4. jangan pernah menyindir, membully atau menggunakan kata kasar dan tak pantas pada mereka, bisa jadi mereka menyimpan dendam jika tidak sesuai dengan selera humor kita.
  • Ke Dua, mencari teman yang baik dan benar-benar tulus saat ini sangatlah susah. maka prioritaskan orang-orang baik yang sudah kita kenal saat ini, hubungi mereka kembali tanyakan kabarnya dan bantulah kesulitan yang mereka miliki semampu kita.
  • Ke Tiga, Jangan pernah hilangkan kepercayaan orang-orang yang telah kita kenal baik pada kita.
    misalnya kita pernah berhutang namun belum di lunasi, pernah berjanji namun belum di tepati. dan jangan pernah berbuat buruk kepada mereka yang menyebabkan berkurangnya kepercayaan mereka. hingga akhirnya mereka kecewa dan hilangnya keseganan mereka pada kita. itu sangatlah merugikan kita.
  • Ke Empat, Jangan pernah sekali-kali memamerkan sesuatu yang memancing teman iri hati, kecuali berniat untuk menjadikan motivasi bagi mereka. misalnya kita baru saja membeli mobil baru namun kita berpose di media sosial dengan kalimat berbangga-bangga. atau selalu memposting tempat kunjungan,harta kita, makanan, dll  dengan gaya heboh luar biasa.percayalah tidak ada yang akan suka.
  • Ke Lima. ini merupakan hal yang paling berkesan yang pernah saya lakukan sendiri dan itu meninggalkan kesan yang masih membekas sampai sekarang. setelah kita mengingat cacatan hari ulang tahunya, berilah mereka hadiah atau kado dan jangan peduli hadiah mewah atau tidak tapi yakin lah suatu saat mereka selalu ingat kepada kita dengan pemberian itu, bahkan (maaf) seandainya kita sudah wafat pasti dia akan selalu ingat dan berkata dia baik dan pernah memberikanku hadiah.
  • Ke Enam, dari catatan daftar list pertemanan yang sudah kita buat sebelumnya, pisahkan ketegori kelebihan - kelebihan yang mereka miliki , misalkan saya memiliki teman yang bernama Handoko yang pandai bernyanyi walaupun aslinya seorang security, tapi saya masukan di kategori penyanyi. mengapa ? andaikan saya punya kebutuhan penyanyi suatu saat,atau pun ada kegiatan yang berhubungan dengan nyanyi-menyanyi,  pasti saya dulu yang paling ingat dan mengajaknya, begitu juga dengan kategori yang lainya. Misalkan kategori service motor, percetakan, fotografi, bola, masak, reparasi handphone, pastilah sangat banyak kaitannya dalam hidup kita, harapannya jika ada kesempatan bagi mereka mengembangkan bakat atau partner bisnis kita, pastilah kita akan menjadi berharga dan berjasa untuk mereka.
  • Terakhir, Jadilah semenarik mungkin bagi mereka, tetaplah tegar dihadapan mereka, jangan acuh dan banyak mengeluh di hadapan mereka. jadilah seorang optimis di depannya. lalukanlah yang terbaik yang bisa kita berikan. apalagi menumbuhkan persaudaraan memunculkan banyak kebaikan - kebaikan yang membuat hidup kita lebih indah dan berwarna. 

Begitu banyak persahabatan mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik atau buruk adalah tergantung bagaimana kita sendiri yang menyikapi, karena kabaikan diri sendiri memancarkan berbagai aura positif bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. dan yakinlah persahabatan itu membuat hidup terasa lebih hidup.  dan percayalah dengan hidup menyendiri berarti kita telah siap menanggung resiko kehampaan hidup.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda ... dan semoga pertemanan kita akan selalu ada dan tidak akan usang oleh waktu. sehingga kita bisa menyebarkan kebaikan untuk hidup ini.
Terimakasih.


Tidak ada komentar:
Write komentar